• Breaking News

    binahon blog personal berbagi pengalaman seputar kesehatan,internet,budidaya,mitos dan budaya

    Tuesday, May 24, 2016

    Bahayanya Mencuci Muka dengan Sabun Batang

    Rata-rata orang cuci muka  lebih banyak menggunakan sabun batang daripada sabun cair. Alasannya adalah karena lebih murah dan mudah didapat. Terlebih, sabun batang juga lebih banyak variannya daripada sabun cair.

    Ketika mandi dan ingin praktis, orang juga biasanya tidak menggunakan sabun pencuci muka untuk membersihkan muka, tapi sekaligus menggunakan sabun. Dan yang dipakai adalah sabun batang dengan alasan sekalian karena mandi juga menggunakan sabun batang.

    Padahal, penggunaan sabun batang sebagai pencuci muka sangat tidak dianjurkan loh!   Kenapa ya?





    Inilah bahayanya mencuci muka dengan sabun batang :

    1.Menimbulkan Jerawat

    Jerawat akan timbul lebih banyak ketika kamu menggunakan sabun batang. Ini karena kapasitas kulit dalam melawan mikroba dan bakteri berkurang.

    2.Mengganggu Keseimbangan PH Kulit

    Sabun batang dapat mengurangi P pada kulit dan menyebabkan kulit muka kering. Hal ini karena kandungan bahan kimia pada sabun batang yang dapat menurunkan tingkat kelembaban kulit.

    3.Merusak Sel-Sel Kulit

    Sabun batang memang bagus untuk tubuh, tapi bukan untuk muka. Karena kandungan kimia, bahan pembuat busa, pewarna, pengawet, pewangi, dalam sabun batang mengandung natrium lauril sulfat yang dapat merusak kulit dan sangat berbahaya bagi kulit yang sensitif.

    4.Menutup Pori-Pori Wajah

    Asam lemak yang terkandung pada sabun batang menyebabkan pori-pori wajah tertutup. Selain itu, akan ada masalah lain yang timbul ketika menggunakan sabun batang sebagai pencuci wajah.

    5.Membuat Kulit Wajah Kering

    Kandungan kaustik soda yang kuat pada sabun batang dapat menyebabkan kulit mengering, mengelupas, dan gatal. Ini dikarenakan minyak alami pada tubuh hilang akibat penggunaan sabun batang di muka.

    6.Menghilangkan Vitamin yang ada pada Kulit

    Selain menyebabkan kulit wajah kering, sabun batang juga dapat menghilangkan vitamin yang ada pada kulit. Hal ini menjadikan wajah tampak kusam dan tidak sehat.

    Itulah efek jika kamu menggunakan sabun batang sebagai pencuci muka. Oleh karena itu, mulai sekarang kurangi dan tinggalkan kebiasaan mencuci muka dengan sabun batang ya!


    1 comment: